Langsung ke konten utama

SANTUNAN ANAK YATIM DAN PRIVASI YANG PERLU DIJAGA

Muharrom sangat erat kaitannya dengan perhatian terhadap anak yatim piatu, bahkan sebagian besar masyarakat menyebutnya salah satu hari dalam bulan Muharram (tanggal 10 Asyura) sebagai hari raya anak yatim. Sepanjang bulan Muharram, terutama pada tanggal 10 tersebut, berbagai kegiatan santunan untuk anak yatim diadakan di berbagai tempat dan lembaga.

Pada umumnya, panitia kegiatan santunan anak yatim akan menyelenggarakan acara pengajian dengan mengundang pendakwah dan menghadirkan sejumlah anak yatim piatu yang terdata di masing-masing desa. Pada akhir acara, setiap anak yatim piatu akan diberikan amplop berisi uang secara perorangan di atas panggung."

Pada sesi ini, biasanya para pemberi sedekah dan zakat diminta untuk naik ke atas panggung untuk bersalaman, mengusap rambut anak-anak yatim piatu, serta berfoto bersama. Meskipun terlihat sebagai rutinitas biasa yang selalu ada dalam peringatan 10 Muharram (Asyuro), sudahkah kita pernah mempertimbangkan perasaan anak-anak yatim piatu dalam situasi tersebut?

Dari segi urutan kegiatan, santunan yang diberikan di lembaga yatim piatu tidak berbeda jauh dengan kegiatan pada peringatan 10 Muharram (Asyuro) yang diadakan di masjid-masjid. Namun, dari perspektif privasi, kegiatan santunan yang biasa diselenggarakan di lembaga yatim piatu jauh lebih mengutamakan aspek kemanusiaan.

Dalam kegiatan santunan yang diadakan oleh lembaga yatim piatu, umumnya terdapat dua model kegiatan yang berbeda. Pertama, pemberi sedekah atau zakat datang langsung ke lembaga tersebut untuk menyelenggarakan santunan. Kedua pemberi zakat mengundang anak-anak yatim piatu untuk datang ke rumahnya guna diberikan santunan.

Megutup kalamnya KH, M, Anwar mansur Lirboyo: “Kurang baik kalau menyantuni anak yatim dijadikan acara, kasihan mereka nelongso (Merana) kalau dipertontonkan. Anak-anak yatim piatu memiliki hak privasi yang harus dihormati. Meskipun semua orang tahu bahwa mereka adalah anak yatim piatu, panitia penyelenggara tetap perlu menjaga privasi dan identitas mereka. Hal ini bukanlah suatu upaya untuk membesar-besarkan, namun harus diakui bahwa kehilangan orang tua adalah salah satu dari banyak kesedihan yang harus ditanggung oleh anak-anak yatim piatu.

Selain itu, sebutan "anak yatim piatu" yang mereka sandang juga merupakan beban berat bagi mereka. Belum lagi, dalam zaman sekarang ini, seringkali terjadi perundungan terhadap anak-anak yatim piatu, yang tentunya merupakan hal yang sulit bagi mereka.Kenyataannya, hal ini mungkin sering terabaikan oleh mereka yang mendakan kegiatan santunan anak yatim piatu. 

Sekali lagi, tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengganggu tradisi yang sudah mapan. Tradisi seperti ini perlu dipertahankan sebagai tanda kepedulian. Meskipun sering kali sibuk dengan urusan pribadi, kita tidak boleh melupakan bahwa ada perhatian yang harus kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan, khususnya kepada anak-anak yatim.

Maka, tradisi santunan untuk anak yatim piatu tetap harus dipertahankan, namun dengan sedikit penyederhanaan dalam rangkaian acaranya, seperti sesi penyerahan dan pengusapan rambut anak-anak yatim yang cukup diwakilkan oleh panitia kepada salah satu tokoh agama. Selanjutnya, proses penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu dapat dilakukan secara individual oleh panitia tanpa perlu dilakukan di depan panggung.

Dalam QS. Al-Baqarah 271 menjelaskan bahwa menampakkan (mengekspos) pemberian itu diperbolehkan dalam rangka untuk memberikan i’tibar. Namun jika ada hal lain yang lebih maslahat dengan tidak menampakkan pemberian demi menjaga privasi/ rasa rendah diri bagi si penerima hadiah maka dalam ayat tersebut justru dianggap itu lebih baik. Bunyi QS. Al-Baqarah 271 sebagai berikut:

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya: Jika kamu menampakkan sedekahmu, itu baik. (Akan tetapi,) jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, itu lebih baik bagimu. Allah akan menghapus sebagian kesalahanmu. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Menyadari bahwa mengubah konsep rangkaian kegiatan santunan yang sudah menjadi tradisi mungkin akan memerlukan usaha yang berkelanjutan. Namun, penting untuk merenungkan pertimbangan-pertimbangan di atas terkait privasi anak-anak yatim. Kita harus memahami bahwa dalam melakukan perbuatan baik, ada etika yang perlu dihormati. Apalagi saat membagikan direkam di depannya. Jika hanya kebutuhan dokumentasi acara, alangkah lebih baik jika difoto dari belakang. Oleh karena itu, dalam memberikan bantuan kepada sesama, kita juga harus senantiasa memperhatikan etika-etika yang telah ditetapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NIKAH DI USIA MUDA?

Di kampungku, perjodohan sesuatu yang sudah menjadi tradisi. Perjodohan menjadi salah satu alasan karena takut hilang hubungan keluarga atau lebih mempererat hubungan bisnis. Tapi apakah benar nikah di usia muda merupakan solusi?  Panutan ummat Islam, manusia Suci Manusia paling agung Baginda Nabi menikah di usia yang cukup muda, yakni di umur 25 tahun. Sebagai ummat Islam, menikahnya Baginda Nabi di usianya pasti banyak kebaikan. Banyak juga pasangan yang berhasil nikah di usia muda. Namun juga tidak bisa dipungkiri, jika dilihat fenomena hari ini banyak masalah yang ditimbulkan sebab nikah muda. Mulai mayoritas putusnya pendidikan, finansial dan perceraian dini.  Begitupun dengan menunda-nunda pernikahan merupakan langkah yang tidak baik. Di antaranya ialah menimbulkan masalah besar seperti sulitnya mengontrol syahwat dan terjadinya normalisasi perzinahan, pencabulan, perselingkuhan yang sering diberitakan di media sosial atau Media massa. Jika sudah fenomena lingkungan suda...

CINTA DAN RESTU ORANG TUA

Dalam pandangan Islam, cinta bukanlah syarat dari pada akad pernikahan. Hal itu, bukan berarti syariat melarang tentang yang satu ini. Dari beberapa keterangan, dianjurkan adanya perkenalan antara dua insan yang hendak mengikat janji suci. Bahkan islam sendiri memberikan kesempatan untuk bertatap muka untuk meneguhkan niatan bersatu. Dari sinilah menjadi bukti, bahwa islam juga memperhatikan terhadap perasaan hati.  Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan rumah tangga dengan penuh bahagia. Apalagi yang menjadi pendampingnya kelak adalah sosok yang dicintainya. Bayang-bayang kekasih terus menghantui, mengganggu nyenyak tidur malam hari. Sementara di satu sisi perempuan hanya setia menanti, penuh harap ketukan kumbang mewujudkan mimpi.   Namun yang menjadi polemik di kehidupan modern ini adalah, ketika perempuan dijodohkan dengan laki-laki bukan dia cintai atau tidak masuk kriteria pasangan hidupnya. Dalam kondisi seperti ini, perempuan menggerutu bahkan tidak sedikit y...

MENGHILANGKAN STIGMA GEN Z

Generasi Z sering kali menjadi subyek perdebatan hangat di tengah derasnya arus perubahan zaman. Masyarakat, terutama generasi sebelumnya, kerap kali memandang gen Z dengan sorotan kritis.  Mereka melabeli generasi muda ini sebagai generasi lemah yang terlalu fokus pada kesehatan mental. Ada juga yang bilang mereka generasi instan yang menginginkan segalanya serba cepat. Bahkan, melabeli dengan sebutan generasi stroberi yang dianggap enak dilihat, kreatif, tetapi rapuh alias mudah hancur. Fokus genZ pada kesehatan mental itu sebangun dengan anggapan bahwa mereka demen healing. Ini kemudian mengarahkan generasi lain untuk menyebut gen Z sebagai kelompok yang tak mampu bekerja di bawah tekanan. Generasi Z atau gen Z adalah generasi yang muncul setelah gen Y. Banyak yang melihat secara berbeda tentang tahun lahir gen Z. Umumnya mencakup mereka yang lahir dari pertengahan hingga akhir 1990-an sampai awal 2010-an. Secara lebih spesifik, banyak ahli dan peneliti menetapkan rentang tahun ...