Langsung ke konten utama

ILUSI SUKSES DI MASA MUDA

Keinginan untuk senantiasa hidup dalam keemasan masa muda mengendap dalam benak manusia sejak dahulu kala. Banyak dongeng diceritakan dari generasi ke generasi tentang air berkhasiat, benda ajaib, obat spesial, atau makhluk gaib yang jika kita menemukan dan menggunakannya, akan kembali muda dan kuat.
Tujuannya agar bisa mengulang kesukesan dan kesenangan saat kondisi tubuh sangat fit. Sebagian lagi ingin mendapat kesempatan kedua untuk berbuat hal berbeda dan mencapai impian terpendam. 
Namun, banyak orang meyakini kembali muda melawan hukum alam sesuatu yang mustahil terjadi. Ada pula yang percaya bakal ada teknologi untuk mencapai itu, tetapi belum akan terwujud dalam waktu dekat.
Meski demikian, pemuja masa muda tak surut. Masa muda telanjur diyakini sebagai masa krusial yang menentukan seluruh hidup kita selanjutnya merana atau bahagia.
Muncullah target pencapaian di usia tertentu. Usia sekian harus lulus sarjana, bekerja mapan, punya rumah, menikah, dan berkeluarga. Perempuan menikah sebelum usia 30 tahun dan segera punya anak.  
Dengan persiapan matang di usia muda, masa tua tak perlu bekerja. Orang di usia 50-60 tahun ke atas seakan hanya ditakdirkan menunggu waktunya berakhir. 
Mengikuti tren umum itu, ada tren orang tua menetapkan standar tinggi bagi anak-anak yang mengorbankan keceriaan masa kecil mereka. Dunia kerja ikut melihat orang muda sebagai aset utama. Di Indonesia, lowongan pekerjaan hampir selalu memasukkan batas usia pelamar sebagai salah satu syarat utama. Untuk menjadi pekerja di gerai minimarket saja harus di bawah 25 tahun. Pemilihan 30 pengusaha atau CEO perusahaan top dunia di bawah 30 tahun berlangsung setiap tahun. Seakan menjadi patokan kesuksesan yang pantas diikuti kaum muda lain.
Dunia industri mengapitalisasi dan menjual mimpi awet muda lewat kampanye produknya. Di segala sudut ruang urban, misalnya, nyaris tersentuh oleh iklan kosmetik atau perawatan tubuh, suplemen, alat olahraga, produk busana, bahkan paket wisata. Model muda, bahkan belum cukup umur, ditampilkan dan menyesatkan publik bahwa yang sudah berumur bisa menjadi seperti si bintang iklan jika menggunakan produk mereka.
Ironi
Menjadi ironi ketika pemujaan pada usia muda itu tidak disertai sokongan penuh agar kaum muda bisa benar-benar sukses. Di Indonesia, belum semua anak usia sekolah dapat ditampung di sekolah negeri yang dibiayai pemerintah. Saat hendak meraih sarjana, uang kuliah tunggal (UKT) kampus negeri makin mahal.
Sebagai perbandingan, sesuai data Badan Pusat Statistik, pada 2000 atau di masa awal upah minimum regional/provinsi ditetapkan, UMP di Jawa Timur sekitar Rp 214.500. Biaya satu semester di kampus negeri di tahun yang sama di bawah Rp 300.000. Biaya per semester ini berlaku sama untuk semua mahasiswa. Tahun 2024, UMP di Jawa Timur Rp 2.165.244 juta dan patokan UKT kelompok 3 berkisar Rp 400 - Rp 4.4250 juta per semester. 
Di samping itu, biaya hidup dan biaya lain di luar UKT sekarang melonjak dibandingkan 25 tahun lalu. Tidak heran unjuk rasa menentang penetapan UKT yang tak terjangkau warga kebanyakan muncul di sejumlah daerah. Dengan biaya pendidikan yang begitu besar, standar gaji lulusan S-1 tak jauh-jauh dari UMP. 
Situasi itu diperkeruh dengan munculnya fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK). Alasannya, kondisi ekonomi di dalam dan luar negeri kurang baik yang berdampak pada berkurangnya penyerapan tenaga kerja,
Data satudata.kemnker.go.id, ada 23.421 pekerja di PHK pada Januari-Maret 2024. Periode sama tahun 2023, ada 20.393 pekerja di PHK. PHK diprediksi terus terjadi di sisa tahun ini. Antrean panjang pencari kerja menjadi pemandangan rutin setiap ada bursa lowongan kerja. Pekerja yang habis masa kontraknya dalam usia di atas batasan umur lowongan kerja semakin sering terjadi. Hal ini menyulitkannya bersaing memperebutkan posisi sebagai karyawan baru di tempat lain. 
Unik dan berdaya saing 
Tuntutan sukses di masa muda tanpa dukungan dari pembuat kebijakan dan masyarakat menjadi bagian dari bentuk diskriminasi umur. Kenyataannya, diskriminasi ini justru menimpa lebih banyak orang. The Conversation mengungkapkan bahwa pada perempuan, diskriminasi ini semakin mengungkung mereka untuk berekspresi dan meraih mimpi-mimpinya. 
Menepis ilusi sukses di usia muda yang menyesatkan perlu lebih banyak kebijakan hingga rekayasa sosial yang merekonstruksi ulang pola pikir masyarakat. Hidup tidak selalu bisa dianalogikan bak jenjang anak tangga yang selalu berorientasi naik ke atas menjadi makin baik, makin mapan. Hidup kadang terpaksa kembali menuruni tangga, bak jalan bergelombang, dan kadang berombak besar.
Setiap orang bisa memulai merekonstruksi pola pikirnya dengan berkaca dari orang lain yang mampu bertahan dan bersaing dengan menekuni passion atau hasrat hidupnya yang membuatnya memiliki keunikan, keterampilan khusus, dan tak terkekang usia. Akan tetapi, mengikuti passion saja tak selalu menjamin meraih hidup impian. Karena kebutuhan rutin dirinya dan orang yang ia sayangi harus dipenuhi, sudah jamak orang menepikan hasrat pribadi demi menekuni pekerjaan yang lebih stabil penghasilannya.
Hidup bermakna
Semakin dewasa, hasrat di masa muda bisa berubah dan berkembang. Begitu pula dengan prioritas hidup. Memilih prioritas dibandingkan passion atau sebaliknya, bukan berarti tidak dapat memilih yang lain lagi di masa depan. Memilih jalan praktis demi tuntutan kebutuhan atau tetap menekuni passion pada dasarnya dilatari tujuan sama, yaitu mencari dan menjalani kehidupan yang penuh makna. Keinginan mencapai hidup bermakna inilah yang berarti seseorang berhasil menjaga nyala hasrat berapi-api layaknya anak muda. Bukan sekadar ilusi semu untuk hidup abadi, ia pun tetap muda secara nyata dengan sendirinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEREMPUAN DAN PANGGUNG SPIRITUAL

Dulu, perempuan rahasia langit. Langkahnya pelan, tunduknya dalam. Ia dilukis dalam sejarah sebagai simbol kelembutan. Bukan dijadikan objek dan dieksploitasi di altar pertunjukan yang katanya majelis sholawat. Perempuan sudah kehilangan eksistensinya dari penjaga nurani menjadi pelayan euforia.  Mereka menutup aurat, yes betul. Tapi hanya sekedar bungkus. Isinya goyang ngolek, goyang keramas. Dua istilah yang lebih cocok muncul di warung remang-remang daripada di acara yang konon katanya mejelis cinta Nabi.  Dalam pemikiran Simon de Beauvoir: "Perempuan tidak dilahirkan sebagai objek, tapi dibuat menjadi objek oleh struktur budaya". Tapi hari ini, di pentas absurd mereka bukan hanya menjadi objek. Tapi mereka sendiri yang mejadikan objek sebagai dalih ekspresi iman.  Gerakan tubuh yang menggeliat di atas panggung bukan bentuk ekspresi spiritual. Itu adalah penghinaan simbolik pada kemulian perempuan. Lantas, di mana rasa malunya? Di mana harkat dan martabatnya? Apakah me...

CINTA DAN RESTU ORANG TUA

Dalam pandangan Islam, cinta bukanlah syarat dari pada akad pernikahan. Hal itu, bukan berarti syariat melarang tentang yang satu ini. Dari beberapa keterangan, dianjurkan adanya perkenalan antara dua insan yang hendak mengikat janji suci. Bahkan islam sendiri memberikan kesempatan untuk bertatap muka untuk meneguhkan niatan bersatu. Dari sinilah menjadi bukti, bahwa islam juga memperhatikan terhadap perasaan hati.  Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan rumah tangga dengan penuh bahagia. Apalagi yang menjadi pendampingnya kelak adalah sosok yang dicintainya. Bayang-bayang kekasih terus menghantui, mengganggu nyenyak tidur malam hari. Sementara di satu sisi perempuan hanya setia menanti, penuh harap ketukan kumbang mewujudkan mimpi.   Namun yang menjadi polemik di kehidupan modern ini adalah, ketika perempuan dijodohkan dengan laki-laki bukan dia cintai atau tidak masuk kriteria pasangan hidupnya. Dalam kondisi seperti ini, perempuan menggerutu bahkan tidak sedikit y...