Ketika bertemu dengan kawan lama rasa rindu ingin mengulangi masa lalu, seraya cerita-cerita pasca setelah pertemuan terakhir, mulai dari masalah rumah tangga, ekonomi, pekerjaan dan yang berhubungan dengan kesuksesan. Tapi ada hal unik yang sering sekali ditemukan. Yapz ketika ada orang ngobrol tentang pribadinya sendiri dengan mengawali, "Mohon maaf bukan sombong tapi Tahddus Bin Nikmah." Sebenarnya perkataan tersebut sudah sesuai apa tidak? Apa memang benar-benar tahaddus Bin Nikmah atau malah sebaliknya. Yakni "Membanggakan dirinya sendiri."
Bercerita tentang kesuksesan meraih semua impian di depan teman, saudara ataupun orang lain pada hukum asalnya adalah mengantarkan dirinya pada yang namanya sombong, narsis dan penyakit hati. Dalam suatu hikayat Sayyidina Ali Karromallohu Wajhah diminta untuk menyebutkan salah satu amalannya. Kemudian beliau menolak dan berkata, "Aku tidak mau menyucikan diri sendiri." Hingga beliau diingatkan dengan salah satu akhir Suroh Ad-Duha yang berbunyi,
واما بنعمة ربك فحدث( الضحى : ١١)
Seketika itu beliau mau mengungkapkan, "Aku memberi baik diminta terlebih dahulu atau tidak."
Menceritakan kebaikan harus melihat situasi dan kondisi, tidak mudah diceritakan begitu saja. Ada rambu-rambu yang harus amati terlebih dahulu. Seperti contoh, seseorang dilarang menceritakan kebaikan jika di sekitarnya akan menimbulkan sifat iri dan dengki. Bahkan berujung bahaya pada dirinya sendiri. Sebagaimana Nabi Yusuf As dilarang menceritakan mimpinya oleh sang ayahanda kepada saudara-saudaranya.
Jika tujuannya jelas, tidak akan menimbulkan Mudharot dan bisa menghasilkan maslahat, maka hukumnya boleh untuk menceritakan kebaikan agar menjadi ibroh kepada orang lain. Dan terpenting tidak didasari dengan hawa nafsu yang bermuara pada kesombongan. Ini yang terjadi bukan Tahaddus Bin Nikmah, tapi malah sebaliknya. Yakni ajang pamer kenikmatan. Nauzubillah.
Sebagai kesimpulan, penting bagi teman-teman untuk melihat situasi dalam menggunakan bahasa Tahaddus Bin Nikmah sebelum melakukannya, agar tidak terjebak oleh nafsu, sebab potensi besar kesombongan, sesumbar, riya' dan sejenisnya masuk melalui celah-celah Kalimat Tahaddus Bin Nikmah. So... Ternyata setelah diamati banyak mengandung stigma dan tidak tercapainya tujuan syariat, maka lebih baik tidak perlu menceritakan apa yang sudah diberikan oleh Alloh berupa kenikmatan, meskipun sudah diawali dengan kalimat, "bukan sombong, tapi Tahaddus Bin Nikmah." Bukankah Ihtiyaton itu lebih utama dalam suatu perkara yang masih bimbang.
Catatan Mtz
Sunan Ampel 05
22 Sya'ban 1443 H
Komentar
Posting Komentar