Langsung ke konten utama

WAJAH SANTRI WAJAH INDONESIA

Sejarah perjalanan kemerdekaan indonesia tidak lepas dari perjuangan Santri yang mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia dengan segenap jiwa dan raganya. Pernyataan ini bukan omong kosong dan isapan jempol belaka, melainkan dituliskan dengan tinta emas oleh KH. Saifuddin Zuhri dalam bukunya 'Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia' (Al Ma'arif, Bandung 1981), Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari memanggil KH. Wahab Hasbulloh, KH. Bisri Syamsuri dan para kiai lainnya untuk mengumpulkan para kiai se-Jawa dan Madura untuk berkumpul di Surabaya, tepatnya di kantor PB ANO (Ansor Nahdlatoel Oelama). Jihad fisabilillah yang terjadi pada tanggal 22 oktober 1945 atau yang dikenal dengan resolusi jihad dipelopori oleh Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy'ari melalui fatwanya yang menyerukan perlawanan fisik dalam mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia. Perlawanan fisik kepada tentara sekutu yang ingin kembali menjajah tanah Indonesia merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim. Resolusi jihad NU bermakna penolakan terhadap kekuatan kolonial Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia. 


Lantunan kalimat Allohu Akbar pejuang di markas kyai blauran. Para kyai dan santri terus membanjari tanah Surabaya dengan mendirikan markas di rumah kyai yasin di blauran Gang IV/24 Surabaya sehingga dikenal dengan sebutan markas kyai. Fatwa Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy'ari mengubarkan semangat juang para santri yang berbunyi: "Bagi sekalian orang islam, yang dewasa untuk berjuang melawan musuh yang yang akan menjajah Indonesia kembali, hukumnya adalah fardhu 'Ain. Fatwa selanjutnya adalah mati di Medan perang dalam rangka memerangi musuh ummat Islam adalah mati syahid dan orang yang mati seperti itu akan masuk surga."Setelah dua minggu tentara Inggris mendarat di surabaya pertempuran Surabaya pecah. Para santri berjuang sampai titik darah penghabisan, hadir di medan perang bung Tomo sebagai penggerak massa yang tidak pernah menjadi santri tapi beliau taat terhadap nasehat Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy'ari. 


Setelah kemerdekaan Sudah ada di tangan rakyat Indonesia, para kyai dan santri pulang ke tempat masing-masing untuk bisa melaksanakan taklim dengan aman tanpa ada lagi penjajahan di tanah air tercinta. Maka sungguh heran, jika ada yang mengatakan santri itu konservatif dalam pemikiran peradaban kemajuan negaranya. Perjuangan yang mengurbankan jiwa dan raga dikerahkan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Para santri bukan tidak bisa untuk menduduki jabatan di lingkungan kepemerintahan, tapi mereka lebih memilih untuk pulang ke pesantren menimba ilmu kepada kyai. Hal ini dijelaskan dalam buku yang berjudul "Resolusi Jihad" yang ditulis oleh Abdul Latif Bustami dan tim sejarawan tebuireng. "Keinginan Jepang Untuk memberikan jabatan presiden kepada tokoh Islam jika nanti Indonesia diberikan kemerdekaan oleh Jepang, dan yang diminta adalah Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy'ari. Namun Beliau menolak tawaran itu dengan alasan bahwa dia harus mendidik Santri di Tebuireng.


Semangat juang santri dalam mempertahankan kemerdekaan sangat besar pengurbannya, dari awal peran pesantren dan santri dalam perspektif sejarah menunjukkan sejak berdirinya memberikan kontribusi perjuangan dalam menegakkan keadilan, kebenaran dan amar makruf nahi mungkar. Sudah sepantasnya para Santri menentang keras kehadiran pasukan sekutu yang ingin menguasai kembali tanah air Indonesia dan mengusir ke tempat asalnya. kaum santri dengan jasa-jasanya sudah ikut berkontribusi dalam kemerdekaan bangsa, memelihara dan merawat bangsa Indonesia tercinta. dimana pun santri–santri itu berada pastilah ia adalah orang yang cintanya kepada tanah air, luar biasa. Tidak ada santri yang tidak cinta kepada tanah airnya, karena wajah Santri adalah wajah Indonesia. Sumbangsih pemikiran santri untuk kemajuan Negeri. Selamat Hari Santri Nasional 2021 M

Disarikan dari berbagai macam sumber


Catatan Mtz, 15 Robiul Awwal 1443 H

                         21 Oktober 2021 M



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILUSI SUKSES DI MASA MUDA

Keinginan untuk senantiasa hidup dalam keemasan masa muda mengendap dalam benak manusia sejak dahulu kala. Banyak dongeng diceritakan dari generasi ke generasi tentang air berkhasiat, benda ajaib, obat spesial, atau makhluk gaib yang jika kita menemukan dan menggunakannya, akan kembali muda dan kuat. Tujuannya agar bisa mengulang kesukesan dan kesenangan saat kondisi tubuh sangat fit. Sebagian lagi ingin mendapat kesempatan kedua untuk berbuat hal berbeda dan mencapai impian terpendam.  Namun, banyak orang meyakini kembali muda melawan hukum alam sesuatu yang mustahil terjadi. Ada pula yang percaya bakal ada teknologi untuk mencapai itu, tetapi belum akan terwujud dalam waktu dekat. Meski demikian, pemuja masa muda tak surut. Masa muda telanjur diyakini sebagai masa krusial yang menentukan seluruh hidup kita selanjutnya merana atau bahagia. Muncullah target pencapaian di usia tertentu. Usia sekian harus lulus sarjana, bekerja mapan, punya rumah, menikah, dan berkeluarga. Perempuan ...

PEREMPUAN DAN PANGGUNG SPIRITUAL

Dulu, perempuan rahasia langit. Langkahnya pelan, tunduknya dalam. Ia dilukis dalam sejarah sebagai simbol kelembutan. Bukan dijadikan objek dan dieksploitasi di altar pertunjukan yang katanya majelis sholawat. Perempuan sudah kehilangan eksistensinya dari penjaga nurani menjadi pelayan euforia.  Mereka menutup aurat, yes betul. Tapi hanya sekedar bungkus. Isinya goyang ngolek, goyang keramas. Dua istilah yang lebih cocok muncul di warung remang-remang daripada di acara yang konon katanya mejelis cinta Nabi.  Dalam pemikiran Simon de Beauvoir: "Perempuan tidak dilahirkan sebagai objek, tapi dibuat menjadi objek oleh struktur budaya". Tapi hari ini, di pentas absurd mereka bukan hanya menjadi objek. Tapi mereka sendiri yang mejadikan objek sebagai dalih ekspresi iman.  Gerakan tubuh yang menggeliat di atas panggung bukan bentuk ekspresi spiritual. Itu adalah penghinaan simbolik pada kemulian perempuan. Lantas, di mana rasa malunya? Di mana harkat dan martabatnya? Apakah me...

CINTA DAN RESTU ORANG TUA

Dalam pandangan Islam, cinta bukanlah syarat dari pada akad pernikahan. Hal itu, bukan berarti syariat melarang tentang yang satu ini. Dari beberapa keterangan, dianjurkan adanya perkenalan antara dua insan yang hendak mengikat janji suci. Bahkan islam sendiri memberikan kesempatan untuk bertatap muka untuk meneguhkan niatan bersatu. Dari sinilah menjadi bukti, bahwa islam juga memperhatikan terhadap perasaan hati.  Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan rumah tangga dengan penuh bahagia. Apalagi yang menjadi pendampingnya kelak adalah sosok yang dicintainya. Bayang-bayang kekasih terus menghantui, mengganggu nyenyak tidur malam hari. Sementara di satu sisi perempuan hanya setia menanti, penuh harap ketukan kumbang mewujudkan mimpi.   Namun yang menjadi polemik di kehidupan modern ini adalah, ketika perempuan dijodohkan dengan laki-laki bukan dia cintai atau tidak masuk kriteria pasangan hidupnya. Dalam kondisi seperti ini, perempuan menggerutu bahkan tidak sedikit y...